PRAY FOR THE NATION

Indonesia:

Kamis lalu (2/12) Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) dengan tegas telah menginstruksikan dan menjamin anggotanya juga kepada masyarakat Kristen Mentawai untuk segera membangun hunian sementara sebelum Natal tiba (Baca : JK Instruksikan Bangun Hunian Sementara Untuk Rayakan Natal). Apa mau dibilang, kenyataan berbicara beda dilapangan.

Pembangunan hunian itu belum dikerjakan hingga Minggu (5/12). Penyebabnya apalagi kalu bukan terbentur birokrasi pemerintahan.

Hal itu diakui Koordinator Lapangan Posko Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Mentawai Zul Hendri.

Walau begitu, Zul menegaskan PMI masih melanjutkan penjajakan dengan pemerintah daerah. Zul berharap pemerintah memberikan tanggapan positif agar korban dapat kembali hidup normal.

Semoga saja Presiden peduli dan langsung memerintahkan pembangunan hunian sementara dengan tujuan agar rakyatnya dapat menjalankan dan merayakan hari besar keagamaannya secara kondusif.










Mukjizat Masih Berlangsung





Sunday, 05 April 2009
3 bulan yang lalu, mama terkena  kanker tulang stadium 4 b. Yang artinya sudah stadium akhir dengan  pemeriksaan melalui bone scan (nuklir) dan pemeriksaan darah menunjukkan  adanya sel-sel ganas di luar ambang batas. Scan berhasil  menunjukkan 5 tempat hitam (yang menunjukkan bahwa sudah terkena kanker)  yaitu di pinggul, lutut kanan, tulang punggung, bahu-tangan kanan, dan  tulang tengkorak. Serta beberapa bagian lain yang mulai tampak abu-abu ke hitam.. Sedangkan bagian lain yang belum menyebar, berwarna putih bersih. Keluarga sudah membawa dia ke beberapa dokter ahli tulang,  ahli patologi dan terutama khusus kanker tulang. Semua jawaban  tetap sama: mengingat umurnya yang sudah hampir 75, dan karena tak ada gunanya juga di chemotherapy (karena akan terlalu menyakitkan untuk dia) maka keluarga disarankan untuk merawat dia di rumah saja. Percuma di  rumah sakit, begitu mereka bilang. Perkiraan mereka: 1-3 bulan saja  usianya (kalau dia bisa makan dengan normal) sisanya, tinggal menunggu koma.
Sedangkan, beberapa hari setelah vonis dokter itu, mama mulai  menjerit-jerit kesakitan di tempat-tempat yang memang tampak hitam dalam  scan. Dan sudah sulit sekali untuk makan! Bahkan minum juga. Karena kadang ia tidak mampu lagi menelan. Ini tidak heran kata dokter,  mengingat penyebarannya sudah sampai tulang punggung dan  tengkorak? Dokter-dokter hanya memberi morfin, karena memang kata mereka  sakitnya tidak tertahankan.
Seorang teman kakak yang lebih muda, ternyata baru saja meninggal karena kanker tulang dan itu pun hanya  terdapat di lutut kirinya. Ia berobat di Singapore , tanpa hasil malah  semakin parah. Teman yang lain pun menyatakan bahwa orangtuanya setelah  dibawa ke  Amerika pun hanya diberikan morfin sebagai pain killer. Keluarga semakin bingung, sedangkan melihat penderitaanya pun rekan-rekan yang menengok pasti menangis. Apalagi kita,  anak-anaknya?
Suatu kali, mama dalam jeritan kesakitannya minta dibaptis. Ia minta ijin pada satu kakak saya yang kebetulan sama beragama  Kong Hu Chu dengan mama. (Yang lain sudah menjadi Kristen atau Katolik)
Mama minta cepat-cepat di baptis karena dia sudah tidak tahan  lagi dengan kesakitannya dan beliau juga bilang, takut waktunya sudah  tidak ada lagi.
Koko saya menangis. Dan akhirnya  menyetujui. Memang, beberapa waktu sebelumnya, mama pernah bilang  ingin minta dibaptis secara katolik. Diakon datang, untuk menyakan, apakah ini keinginan sendiri atau terpaksa. Mama sudah menjawab, bukan. Ia memang ingin dibaptis sendiri.
Akhirnya besok paginya ia  dibaptis (kira-kira 2,5 bulan dari sekarang). Pastor sekaligus memberikan sakramen perminyakan. Pada saat ia dibaptis pun sudah dalam keadaan  antara sadar dan tidak. Yang anehnya, 3 jam setelah dibaptis, ia bisa  tiba-tiba bangun sendiri dan berteriak memanggil anak-anaknya. Namun  setelah itu, ia kembali terkulai dan kondisinya semakin  memburuk.

(bergeser/bergerak sedikit saja ia sudah tidak mampu karena sakitnya!)
Keanehan lain, dua hari berturut-turut setelah baptis, ia minta  komuni. Padahal mama tidak pernah mengerti apa itu komuni! Setiap  satu minggu sekali ada Diakon yang datang untuk memberikan komuni. Setelah 3-4 kali komuni, kondisi kesehatannya membaik. Ditandai dengan kemampuannya untuk bergerak dan makan.
Beliau juga sudah tidak lagi menjerit-jerit kesakitan. Kami  merasa heran, bahkan dokter yang memeriksanya pun berdecak kagum.
Karena dengan demikian, mama sama sekali tanpa  pengobatan. Segala selang infus untuk makanan yang tadinya ia pakai,  sekarang tidak terpakai.

Bahkan, sebelumnya kami sudah menyiapkan  oksigen, karena mama sebelumnya sudah mulai sulit bernafas. Kami heran, semua tak percaya. Dokter mengatakan, tak ada penjelasan logis atas semua ini.
Kami sudah tak sabar untuk melihat hasil bone scan  lagi mid-November ini (karena hanya boleh dilakukan dalam jangka waktu 3 bulan) untuk mengetahui apa yang terjadi. 2 minggu yang lalu, seorang kerabat yang melihat kondisi mama membaik, dia menyatakan ketidak percayaannya.
Ia minta maaf karena dengan mengatakan ini ia sudah  menyinggung kami yang kristen/katolik, tapi ia berkata, tak percaya  dengan yang namanya mujizat! Mujizat itu tidak ada, yang ada hanyalah....  mungkin, kesalahan diagnosa.
Koko saya yang beragama Kong Hu Chu pun malah mendukung kita, bahwa tidak mungkin ada salah diagnosa. Ada bukti ilmiah tentang sakitnya dari bone scan dan test darah! Bahkan dia pun berpikir, ini keajaiban.
Sampai mid November kemarin, kami  tidak bisa berkata apa-apa. Karena sejak semula, anak-anaknya pun hanya berdoa dengan pasrah pada kehendak Tuhan dan mohon dengan kemurahan hatiNya, mama tidak menjerit-jerit kesakitan lagi, itu pun sudah cukup. Tapi melihat beliau mulai berjalan lagi...bahkan mulai mau ke  dapur memasak lagi....amazing!
Hasil bone scan  keluar. Dokter yang memeriksanya pun terperangah dan bertanya, obat apa yang kita berikan kepada mama.

Karena seandainya di chemo pun,  kondisi mama tidak mungkin sebaik dan secepat ini, mengingat  usianya.
Yesus yang luar biasa, menunujukkan  kemuliaanNYa. Saat kami bilang mama tidak diobati. Dokter tersebut  (yang kebetulan beragama Muslim) berkata bahwa ini mustahil. Ini keajaiban. Karena scan menunjukkan, hitam di 5 tempat sebelumnya  sekarang hanya tinggal 1, yaitu tinggal yang di tulang panggul! Koko saya bertanya, selanjutnya pengobatan apa yang harus kita lakukan untuk beliau?
Dokter cuma menjawab, 'Ya tidak ada! Lanjutkan saja apa yang kalian lakukan selama ini. Yang kalian lakukan hanya berdoa kan? Jangan berhenti berdoa kalau begitu. Karena ini  keajaiban!'
Tidak puas dengan pernyataan dokter ini, koko memeriksa  hasil kepada dokter patologi lain. Dia pun menyatakan ketidak  percayaannya dengan kagum. 'Ini mujizat!' katanya. (rupanya ia  katolik/kristen) Baru koko saya pun percaya.
This is  miracle. Buat saya sendiri, ini tidak dapat diungkapkan dengan  kata-kata. Karena tadinya, cukup buat saya tidak melihat beliau menjerit-jerit kesakitan, ternyata Yesus memberi lebih dari yang kami semua, anak-anaknya harapkan. Sebab sebelumnya kami semua sudah rela,  menerima bahwa ia dipanggil Tuhan, daripada ia menahan kesakitan yang  luar biasa. Kami pun mengerti, bahwa kami tidak berharap pada sesuatu  yang muluk-muluk... tapi seandainya suatu saat mama dipanggil nanti, mama  sudah digunakan Tuhan sebagai alat untuk menunjukkan, bahwa apa yang  mustahil bagi manusia, tak ada yang mustahil bagi Dia. Tak ada  obat yang lebih kuasa dari pada Yesus, Anak Domba Allah  itu sendiri.
Saya merasa tidak baik untuk menyimpan kesaksian  kemuliaan Tuhan ini untuk keluarga sendiri saja.

Saya berharap,  dengan Kemuliaan Tuhan ini, dapat menjadi inspirasi iman dan pengarapan buat semua orang yang saya kenal.
Ada ucapan Rm Yohanes di bukunya  yang amat saya sukai : Kesembuhan fisik hanyalah sarana.... untuk menuju  Tuhan, karena pada dasarnya setiap orang harus meninggal..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Foto saya
Dari Kupang, NTT ke Surabaya, lanjut ke Jawa Tengah, lanjut ke Sumatera Utara (lewat Lampung, Bengkulu, Padang, hingga tiba di Tapanuli Selatan lalu Tapanuli Tengah). Di Sumatera Utara, telah mengunjungi Medan dan mengelilingi semua kabupaten hingga ke Riau, dan Dumai. Dari Sumatera Utara ke Jakarta, Tangerang dan Jogja. Sejak keluar dari NTT tahun 2000-2008 berkeliling Indonesia. Tahun 2008-2010 saat ini, sedang berdomisili di Kamboja. Semua tempat tersebut diatas dikunjungi dalam rangkaian perjalanan melayani TUHAN.